Rabu, 24 Agustus 2016

Tips Memaksimalkan Perkembangan Anak







Perlu kita ketahui bahwa otak seorang anak akan berkembang secara pesat pada usia 0 sampai 2 tahun, sebagian orang sering menyebutnya dengan sebutan masa emas anak. Masa emas anak ini adalah masa dimana anak akan cepat belajar dan cepat menangkap hal-hal yang baru yang dia lihat dan atau dengar. Kita sebagai orang tua harus mengoptimalkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya, melakukan hal-hal yang dapat merangsang perkembangan anak agar tmbuh kembangnya dapat berlangsung secara maksimal. Tentunya sebelum kita melakukan hal tersebut, kita harus terlebih dahulu mengetahui dengan benar cara apa saja yang dapat kita lakukan untuk memaksimalkan perkembangan sang anak. Dan berikut ini adalah beberapa tips memaksimalkan perkembangan anak yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips yang pertama adalah berusahalah untuk mengajarkan anak membaca dengan cara yang menyenangkan. Mengajarkan anak sesuatu bukanlah perkara yang mudah untuk dapat dilakukan oleh orang tua, namun bukan berarti orang tua tidak dapat melakukan hal tersebut. Kita sebagai orang tua dapat memikirkan tentang bagaimana caranya agar anak dapat dengan mudah menyerap apa yang kita ajarkan. Sebagai sebuah contoh, dalam mengajarkan membaca kepada anak kita dapat menerapkan cara yang berbeda dan menyenangkan. Untuk mengajarkan anak membaca kita dapat mencoba membuat huruf-huruf yang besar dengan warna yang menarik dan disertai gambar-gambar yang disukai anak, dan untuk pembiasaannya kita dapat menempelnya di tempat yang sering anak lalui seperti halnya pada pintu kamar tidur.

Tips yang kedua adalah memberikan perhatian yang penuh terhadap anak. Mungkin bagi sebagian orang tua perhatian dari sosok ibu dan ayah merupakan hal yang kurang penting dalam perkembangan sang anak, namun perlu kita ketahui perhatian penuh dan tulus dari orang tua terhadap anak merupakan satu hal yang sangat dibutuhkan oleh anak. hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi perkembangan mental anak. Bukan hanya perkembangan kecerdasan secara akademik yang dibutuhkan anak namun perkembangan mental juga sangat dibutuhkan anak.

Perhatian yang kurang dirasakan oleh anak akan berdampak kurang baik pada anak hingga anak dewasa kelak. Maka dari itu berikanlah perhatian secara penuh kepada anak, tentunya perhatian yang datang dari sosok ayah dan juga ibu. Salah satu bentuk perhatian orang tua adalah dalam memberikan makanan atau minuman yang sehat, contoh nyatanya yaitu membuatkan anak segelas susu dancow disetiap harinya karena susu dancow merupakan susu yang dapat merangsang perkembangan otak anak. Dan itulah beberapa tips memaksimalkan perkembangan anak yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.